-

REVIEW - THE BOURNE IDENTITY (2002)



2002 - THE BOURNE IDENTITY  


SUTRADARA :  DOUG LIMAN

NEGARA        : AMERIKA SERIKAT

CAST             :
- MATT DAMON
- FRANKA POTENTE
- CHRIS COOPER
- CLIVE OWEN
- BRIAN COX 

AWARDS FOR : 3 Penghargaan & 4 Nominasi

PLOT :

Cerita berawal dari ditemukannya seorang laki-laki (Matt Damon) yang terombang ambing di lautan lepas Mediterania, Marseille oleh nelayan setempat. Sempat diperkirakan telah tewas, tiba-tiba lelaki tersebut masih bergerak. Mereka membawanya ke dek kapal untuk diberikan pengobatan. Selain peluru yang menembus punggung orang misterius itu, juga terdapat nomor rekening salah satu Bank di Swiss. Setelah sadar, dia menyerang orang yang mengobatinya. Orang tersebut membela diri dan mengatakan kalau ia yang mengobati luka dipunggungnya dan kemudian bertanya siapa nama lelaki tersebut. Lelaki tersebut sempat diam dan mengatakan kalau dia sendiri tidak tahu namanya, lalu orang tersebut pingsan lagi.




Berminggu-minggu mencari identitasnya di atas kapal tapi tetap tidak ada hasil, bahkan dia sendiri tidak tahu apa yang dicarinya. Setelah sampai didarat, dia langsung menuju Swiss untuk mengetahui apa isi rekening nya itu. Ada satu kejadian di Swiss dimana Ia sedang tidur di taman yang kemudian didatangi oleh 2 orang polisi untuk melarangnya tidur. Tanpa diduga dia melakukan gerakan reflek dan melumpuhkan 2 polisi tersebut.


Di Bank Swiss tersebut dia meminta untuk melihat apa isi dari nomor rekening ini. Setelah dibuka terdapat barang-barang dan sebuah passport berfoto dirinya dan beratas nama Jason Bourne. Jadi Ia berpikir kalo namanya adalah Jason Bourne. Kemudian dia membuka lagi bagian bawah brangkas dan menemukan sebuah senjata dan uang tunai jutaan Euro, dia membawa semua isi brangkas dan hanya meninggalkan senjata.

Ditempat lain, tepatnya di markas CIA, Langley. Direktur Deputi Ward Abbot (Bryan Cox) mengetahui misi yang tidak tuntas terkait dengan percobaan pembunuhan diktator Nykwana Wombosi. CIA mempunyai operasi rahasia yang di beri nama Operasi Treadstoneyang dipimpin Alexander Conklin (Chris Cooper). Mata-mata Treadstone di Bank Swiss melaporkan melihat Bourne dan segera menangkapnya. Bourne lari dan menyelamatkan diri di kedutaan Amerika Serikat. Didalam kedutaan Bourne juga tidak aman karena mata-mata Treadstone juga ada disana. Bourne melarikan diri dan menemui Marie Kreutz (Franka Potente) dan menawarinya 20.000 dollar untuk mengantarnya ke Paris, ke alamat yang sesuai di pasport tempat tinggalnya.

Sampai di apartemen nya pun Bourne masih dikejar-kejar. Setelah melumpuhkan satu agen, Marie terkejut dengan selebaran yang di bawa sang agen tersebut yang isinya kalau mereka berdua sudah menjadi buronan CIA, Bourne pun tidak bisa menjelaskan kenapa bisa begitu karena dia sendiri hilang ingatan.
 
Pada saat Bourne melumpuhkan agen yang lain, dia  mengambil handphone dan menghubungi pemimpin sang agen, Conklin untuk menemui dirinya sendirian. Setelah bertemu di lokasi yang ditentukan Bourne tidak muncul, Rupanya itu taktik Bourne untuk mengikuti dimana markas Treadstone di Paris.

Bourne masuk ke markas dan terjadi baku tembak, Bourne menanyakan siapa dirinya kepada Conklin dan Conklin menjelaskan kalau dia adalah anggota agen dan gagal melaksanakan tugas. Bourne ingat tentang rencana pembunuhan yang gagal itu, kemudian dia meminta Conklin untuk tidak mengejar-ngejar dia lagi.

Pada akhirnya Bourne pergi dan Conklin dibunuh seorang agen atas perintah dari Abbott.

Ada satu hal yang menarik di Film ini adalah Clive Owen yang menjadi salah satu agen Treadstone. Mungkin itu adalah awal dari Clive menjadi seorang aktor besar.


SCORE : 8/10 

0 komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang baik biasa meninggalkan komentar

 

Copyright © 2010 • Saya Review • Design by Dzignine